Doodle Art, Kolaborasi Doodler dan Fotografer

Sabtu, 28 April 2018 - 11:06 WIB
Doodle Art, Kolaborasi Doodler dan Fotografer
Doodle Art, Kolaborasi Doodler dan Fotografer
A A A
BERHASIL membuat sebuah karya seni, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Jelas saja, karena tak mudah menciptakan mahakarya yang bisa dinikmati banyak orang.

Seperti seniman yang memiliki banyak cara mewujudkan ide-ide kreatifnya. Yessi N Mulianawati, salah satunya. Mahasiswi Desain Komunikasi Visual Telkom University ini gandrung dengan seni grafis doodle art. Menurut pemilik akun Instagram@yessiowyang sudah terjun lama dalam seni ini, doodle artmemiliki arti mencoret. Jadi, bisa dikatakan doodle artadalah sebuah coretan.

“Aku mulai mengenal doodlesejak akhir tahun 2011. It’s been 7 years I reckon. So, as simple as that, semua coretan yang kamu ciptakan di mana pun itu adalah doodle,” sebut Yessiow. Sampai saat ini, Yessiow mengaku ketertarikannya akan doodle artkarena penasaran.

“Sebenarnya, aku enggak tahu pastinya kenapa, tapi menurutku seni yang satu ini keren, dan akan semakin keren lagi kalau aku bisa juga buatnya. So I started to learn how to produce monsters for each my drawing. Aku googling segala hal tentang doodlesetiap harinya.

Mungkin ada ribuan doodlesudah kulihat, sampai aku hafal ini karya siapa, karakter siapa, dan aku pelajari bentuk garisnya seperti apa. Dan, ya jadilah seperti aku yang sekarang,” cerita cewek Bali ini antusias. Tak sekadar doodleyang dicoret di atas media lukis, Yessiow juga membuat konsep dengan menggabungkan doodledan foto.

Intinya, menggambardoodledi atas foto. Tentu hal ini bisa menjadi kesempatan baik bagi para seniman untuk berkolaborasi dengan fotografer dalam membuat karya. Proses pembuatannya terbilang tidak sulit. “Gampang kok, biasanya foto yang sudah sesuai dengan keinginan pembuatnya digambar digital melalui photoshop.

Terus ditambahkan warna atau ornamen sesuai selera pembuatnya saja deh,” kata Yessiow. Hingga pada akhirnya, Yessiow bersama kawankawannya membentuk sebuah komunitas doodle artbernama Full of Doodle Art. Sejumlah karyanya tidak perlu diragukan lagi, beberapa kali menarik perhatian perusahaan untuk melakukan kerja sama.

Salah satunya mengadakan kompetisi online doodle artdengan perusahaan alat tulis Staedler. Bahkan, karena karya-karyanya juga, komunitas ini kerap diundang ke berbagai talkshowdi berbagaicreative space Jakarta, Surabaya, hingga Yogyakarta.
(M Awaldi Rahman/GEN SINDO/Universitas Padjadjaran)

Abstrak, Spontan, dan Fleksibel
APA sih doodleart itu? Gampangnya, seni lukis ini dibuat tanpa ada tujuan tertentu atau dibuat tanpa sadar, juga tanpa menggunakan teknik seni lukis sama sekali.

Gambar yang dihasilkan pun beragam. Karenanya, seni ini menjadi karya lukis yang memiliki ciri khas tersendiri. Lalu, apa saja sih keunikan dari doodle? Layla Ekrep, cewek 20 tahun yang sudah gemar menggambar doodlesejak SMA ini coba menguliknya.

Dibuat secara spontan
Doodleart dapat dibuat secara spontan dan me ngalir begitu saja tanpa sketsa. Dengan begitu, doodler akan merasa bebas dalam mengekspresikan diri ke mana saja tanpa ada batasan. “Spontan enggak perlu ribet mikirinsimetrisnya, enggak perlu takut salah, me ngalir ajasesuai dengan yang ingindiungkapin,” tutur cewek yang juga hobi ngedanceini.

Tipe tersebut biasa disebut unplanneddoodle. Ternyata, terdapat juga cara lain dalam menggambar doodle,yaitu semi unplanned doodle, menggambar doodlesecara spontan dengan menggunakan sketsa sembari memikirkan makna yang ada di dalamnya. Dan yang terakhir tipe planneddoodleyang lebih terkonsep, rapi, dan bermakna dengan memikirkan rencana dan sketsa terlebih dahulu sebelum membuatnya.

Alat yang dipakai
Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat doodle,fleksibel dan murah meriah. Tidak harus dengan kanvas, cat air maupun drawing pen. Kamu dapat menggunakan kertas polos seperti hvs bahkan kertas tisu juga bisa kok. Pulpen jenis apa saja juga dapat dipakai untuk menggambar doodle. Kamu juga dapat melakukannya kapan saja di sela-sela kesibukan dan kebosanan yang ada.

Bentuk yang abstrak dan saling terkait
Meski abstrak, satu kesatuan gambar dalam doodle juga memiliki arti. Menurut Layla, gambar-gambar tersebut dapat mencerminkan kepribadian si pembuat. Setiap doodler (sebutan untuk seniman doodle) juga mempunyai ciri khas tersendiri dan mempunyai makna yang dalam sehingga menambah keunikan setiap karya doodle. Nah, itulah beberapa ciri khas dan keunikan yang ter dapat pada doodleart. Apa kah sahabat. GEN SINDO tertarik untuk membuat doodleart. (Isnani Nafi'ah/ GEN SINDO/Institut Pertanian Bogor)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5638 seconds (0.1#10.140)